Minggu, 29 September 2013

[Tugas Manajemen Strategi] Mengulas Misi Misi Kabupaten Karangasem

Berat rasanya untuk memulai pembahasan kali ini, karena dengan mengulas Visi dan Misi Kabupaten tempat kita bekerja adalah hal yang "gimana" gitu. yah taulah ... anggap saja pembaca sudah tau.

BTW karena ini tugas, ya harus dikerjakan, so selamat membaca semoga memuaskan semua pihak, tanpa sedikitpun bermaksud menggurui ataupun maksud-maksud aneh lainnya, hanya sekedar pembahasan dari segi Materi Manajemen Strategi.


Visi Kabupaten Karangasem

Visi Pemerintah Kabupten Karangasem sampai dengan tahun 2013 adalah :

"Mewujudkan Karangasem Jagaditha Ya Ca Iti Dharma"

Pengertian dari Visi tersebut adalah :
Jagadhita artinya kondisi masyarakat yang berada pada keadaan ekonomi yang sejahtera dengan ukuran menurut terminologi ilmiah, yang selama ini dijadikan indikator oleh pemerintah;
Ya Ca Iti Dharma artinya bahwa dasar filosofi yang dijadikan kerangka di dalam berinteraksi sosial adalah nilai-nilai kebenaran universal yang menurut terminologi Agama dan Hukum Positif.

Misi Kabupaten Karangasem

  1. Menyelenggarakan tugas - tugas umum pemerintah yang meliputi : optimalisasi pelayanan, pendayagunaan aparatur, pendayagunaan organisasi dan sistem, fasilitas antar stake holder, demokratisasi dan pelaksanaan peraturan perundangan negara dalam lingkup wilayah Kabupaten Karangsem.
  2. Menyelenggarakan Pembangunan yang meliputi : pendayagunaan potensi, pemberdayaan masyarakat, peningkatan dan pemerataan pembangunan dalam segala bidang, menjaga kelestarian lingkungan baik lingkungan fisik maupun non fisik.
  3. Menyelenggarakan pembangungan di bidang sosial kemasyarakatan yang meliputi: pengentasan kemiskinan, kesejahteraan sosial, mencerdaskan kehidupan masyarakat, menjalin kemitraan strategis dengan stake holder, menjaga keamanan dan ketertiban sosial, pelestarian nilai-nilai budaya Bali dan Agama khusunya Agama Hindu.
PEMBAHASAN

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Visi memiliki arti sebagai berikut:


vi·si n 1 kemampuan untuk melihat pd inti persoalan; 2 pandangan atau wawasan ke depan: seluruh rakyat mempunyai -- yg sama mengenai perjuangan bangsa; 3 kemampuan untuk merasakan sesuatu yg tidak tampak melalui kehalusan jiwa dan ketajaman penglihatan; 4 apa yg tampak dl khayalan; 5 penglihatan; pengamatan

sedangkan Misi memiliki arti sebagai berikut:

mi·si n 1 perutusan yg dikirimkan oleh suatu negara ke negara lain untuk melakukan tugas khusus dl bidang diplomatik, politik, perdagangan, kesenian, dsb: -- perdagangan kita akan mengadakan kunjungan ke luar negeri; 2 tugas yg dirasakan orang sbg suatu kewajiban untuk melakukannya demi agama, ideologi, patriotisme, dsb;

Setiap organisasi mempunyai tujuan dan alasan yang unik untuk keberadaannya. Keunikan ini harus dicerminkan dalam visi dan misi. Pernyataan visi yang baik mengungkapkan pelanggan, produk atau jasa, teknologi, pasar, pemikiran untuk bertahan hidup (pertumbuhan dan keuntungan), pemikiran untuk karyawan, pemikiran untuk citra publik/masyarakat, dan perusahaan. Terdapat delapan karakteristik dasar yang berfungsi sebagai kerangka kerja praktis untuk mengevaluasi dan menuliskan pernyataan misi.

Ada 4 Proses perumusan Visi yaitu :
1. Tentukan rentang waktu dan lingkup analisis secara tepat.
2. Identifikasi trend sosial, ekonomi, politik, dan teknologi yang akan mempengaruhi masa depan
3. Identifikasi kondisi persaingan
4. Evaluasi sumber daya dan kapabilitas internal.

Adapun MISI yang ingin dicapai oleh suatu Perusahaan / Organisasi yakni ;
1. Publik atau pengguna jasa yang hendak dilayani
2. Jasa utama yang ditawarkan
3. Wilayah geografis yang dilayani
4. Komitmen organisasi terhadap pilihan teknologi
5. Komitmen organisasi terhadap alternative tujuan
6. Elemen kunci dalam filosofi organisasi
7. Konsep kedirian dan citra organisasi

Visi, Misi dan Tujuan Organisasi merupakan komponen pertama dalam manajemen strategi sedangkan Sedang komponen kedua adalah Pelaksanaan Operasional dengan unsur-unsurnya adalah sasaran atau Tujuan Operasional, Pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen berupa fungsi pengorganisasian, fungsi pelaksanaan dan fungsi penganggaran, kebijaksanaan situasional, jaringan kerja internal dan eksternal, fungsi kontrol dan evaluasi serta umpan balik.

Model proses manajemen strategi meliputi tiga tahap :
1. Tahap formulasi strategi, yaitu pembuatan pernyataan visi, misi, dan tujuan,
2. Tahap implementasi strategi, yaitu proses penterjemahan strategi ke dalam tindakan-tindakan.
3. Tahap evaluasi strategi , yaitu proses evaluasi apakah implementasi strategi dapat mencapai tujuan.

9 Sektor Ekonomi Penunjang Visi Misi dilihat dari PDRB

PDRB secara teori merupakan nilai neto dari barang dan jasa (nilai produksi dikurang biaya antara) yang dihasilkan oleh seluruh sektor ekonomi yang melakukan kegiatan produksi dalam batas wilayah dan waktu tertentu.

Dalam pengertian sektoral, PDRB merupakan penjumlahan dari nilai tambah yang diciptakan oleh seluruh sektor ekonomi, yang dalam pengelompokannya terdiri dari:
1. Sektor Pertanian,
2. Sektor Pertambangan dan Penggalian,
3. Sektor Industri Pengolahan,
4. Sektor Listrik, Gas, dan Air Bersih,
5. Sektor Bangunan/Konstruksi,
6. Sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran,
7. Sektor Pengangkutan dan Komunikasi,
8. Sektor Keuangan, Persewaan dan Jasa Perusahaan, serta
9. Sektor Jasa-jasa.

PDRB juga dapat dihitung dari penggunaan komponen faktor-faktor produksi yang digunakan dalam memproduksi suatu barang/jasa. Oleh sebab itu komponen PDRB terdiri dari : upah dan gaji, surplus usaha (bunga, sewa dan keuntungan), penyusutan dan pajak tidak langsung.

Dari segi penggunaannya, PDRB dapat pula didefinisikan sebagai penjumlahan dari : pengeluaran untuk konsumsi rumah tangga (Ch), pengeluaran untuk konsumsi pemerintahan (Cg), pembentukan modal tetap (I), perubahan stok (S) dan ekspor neto (ekspor - import).
Pengertian PDRB yang terakhir ini sebenarnya merupakan ”keynesian model”,
Y = C + S, S = I, Y = C + I, jadi PDRB di atas adalah:
Y = Ch + Cg + I + S + ( X – M ) 

adapun mengenai data-data mengenai PDRB Kabupaten Karangasem dapat dilihat pada Link berikut dibawah ini: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar